Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Mojokerto Sekertariat Jl. Gajahmada No. 100 Kota Mojokerto

Selasa, 09 Mei 2017

PEMUDA HARUS TAMPIL AKTIF KREATIF BERANI BERSIKAP TEGAS DALAM MEMBANGUN BANGSA

Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Organisasi Kepemudaan. Pentingnya Pendidikan politik bagi Organisasi Kepemudaan di Kota Mojokerto karena pendidikan politik tidak hanya diberikan saat kampanye saja atau menjelang pesta demokrasi , setelah itu dilupakan, tetapi pendidikan politik harus berlangsung secara terus menerus dalam rangka mewujudkan cita-cita bangsa. Bakesbangpol bertugas memberikan pendidikan politik bagi Organisasi Kepemudaan di Kota Mojokerto maka hari Rabu tanggal 26 April 2017 Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mojokerto menggelar Sosialisasi Pendidikan Politik bagi Organisasi Kepemudaan bertempat di Aula Bapeko, Jalan Jawa.
Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mojokerto  Anang Fahruroji, S.Sos. M.Si.ketika membuka acara kegiatan sosialisasi mengatakan bahwa pemuda adalah fundamen, harapan bangsa, cikal bakal pemimpin bangsa, tongkat estafet jatuh pada pemuda maka pemuda di Kota Mojokerto harus  menjadi pemuda yang tidak boleh ikut-ikutan atau hanya diam saja , masa bodoh tidak tahu menahu, pemuda harus mempunyai ideologi dan  harus betul-betul memahami dan menghayati nilai-nilai yang terkandung dalam sistem yang hendak dibangun yaitu memantapkan kesadaran politik dan kenegaraan guna menunjang kelestarian Pancasila dan Undang-undang Dasar 1945 sebagai budaya politik bangsa.
Bersama Pemuda Pemerintah membangun bangsa. Oleh karenanya pemuda harus mempunyai ide, harus  ikut berperan aktif dan harus jadi gardu terdepan  dalam setiap langkah pembangunan bangsa, karena saluran komunikasi politik sekarang sudah dibuka oleh pemerintah itu harus kita jalankan, Pemuda harus sadar akan hak dan kewajiban , jadi pemuda jangan menuntut hak saja, kewajiban juga harus kita jalankan supaya tanggung jawab etis moril dan politis terhadap kepentingan bangsa dan negara harus kita tampilkan dalam wujud keteladanan yang baik, aktif kreatif dan berani bersikap tegas terhadap kondisi yang kurang mantap sehingga pemerintah berjalan kondusif. Hendaknya  dalam sosialisasi pendidikan politik ini Anang berharap Organisasi Kepemudaan dapat memahami politik secara utuh dan benar, tidak mudah terbawa oleh arus politik yang kurang diterima oleh generasi kepemudaan. Sekarang saatnya pemuda harus bergerak bersama-sama membangun Kota Mojokerto yang kita cintai ini.
Drs. Wahyu Setiawan selaku Ketua Panitia kegiatan melaporkan kegiatan sosialisasi Pendidikan Politik bagi Organisasi Kepemudaan yang berlangsung sehari ini diikuti oleh 100 orang organisasi Kepemudaan di Kota Mojokerto. Maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini untuk meningkatkan peran aktif generasi muda dalam pemahaman politik serta meningkatkan kesadaran dan partisipasi generasi  muida untuk berperan serta secara maksimal dalam memahami politik secara utuh dan benar . Dalam sosialisasi tersebut   peserta mendapatkan penyajian materi dari 3 nara sumber Anang Fahruroji, S.Sos. M.Si. Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kota Mojokerto, Drs.Ec.  Jonathan Judiyanto dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Propinsi Jawa Timur dan dari Kodam V Brawijaya di Surabaya Letkol Inf. Didi Suryadi, MAP.
Ketiga nara sumber berharap pemuda betul memahami dan menghayati nilai yg terkandung dalam sistem yg hendak dibangun yaitu memantapkan kesadaran politik dan kenegaraan guna menunjang kelestarian Pancasila  dan  UUD 1945  sebagai  budaya politik bangsa. Dengan  demikian pendidikan  politik adalah proses penanaman nilai-2 dan norma dasar dari ideologi suatu negara yg dilakukan dengan  sadar, tertoganisir, terencana dan berlangsung kontinu dari suatu generasi ke generasi berikutut untuk membangun watak bangsa. Nilai yg dibangun adalah nilai ps yg merupan cerminan hati nurani dan sifat kas karaktonstik bangsa. Watak, kepribadian sikap, dan tingkah laku generasi  muda  sadar akan hak , kewajiban dan tanggung jawab etis moril dan politis terhadap kepentingan bangsa dan negara.(Orz).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar