Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Mojokerto Sekertariat Jl. Gajahmada No. 100 Kota Mojokerto

Selasa, 09 Mei 2017

KIAT SEHAT DI USIA LANSIA

Bagaimana menjaga kondisi tubuh tetap sehat di usia lansia maka yang harus disiasati ialah menjaga pola makan dan rajin berolah raga  sehingga  sudah berumur tua namun kesehatan  tetap terjaga baik kondisi secara mental  dan fisik. Salah satu upaya yang dilakukan untuk menjaga kesehatan di usia senja Pengurus Cabang   Persatuan Wredatama Republik Indonesia (PWRI) Kota Mojokerto menggelar Sosialisasi Kesehatan Bagi Pensiunan hari Rabu tanggal 26 April 2016 bertempat di Gedung Dharma Wanita, Jalan Hayam Wuruk. Acara tersebut dihadiri oleh Ketua Pengurus Cabang PWRI Kota Mojokerto Drs. Irfan Soegijanto, Msi, pengurus Cabang PWRI Kota Mojokerto Drs. Judi Setyanto, Drs. Agus Keswari, Drs. Bambang Joni Julianto dan para peserta sosialisasi para PNS yang telah menjalani purna tugas.

Ketua Pengurus Cabang PWRI Kota Mojokerto Drs. Irfan Soegijanto, Msi, ketika membuka acara sosialisasi terlebih dahulu menyampaikan tentang tujuan dari visi dan misi PWRI yaitu terwujudnya organisasi skala nasional yang kuat dan mandiri (independen) sebagai wadah tunggal bagi seluruh anggota Wredatama. Misi mempererat persatuan dan kesatuan Wredatama agar dapat memiliki kekuatan moral sehingga aspirasinya lebih diperhatikan oleh Pemerintah dan masyarakat. Tujuan dari visi dan misi ini agar menjadi organisasi yang kuat tangguh dan mandiri. Untuk mencapai tujuan tersebut melalui momentum ini mengadakan sosialisasi kesehatan bagi pensiunan PWRI bekerja sama dengan BPJS Kesehatan dan Rumah Sakit Umum Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota Mojokerto untuk menjelaskan baik tentang pelayanan kesehatan BPJS maupun tentang gizi lansianya agar para lansia khususnya para pensiunan PNS yang tergabung dalam PWRI  dapat sehat walafiat  selanjutnya  tetap dapat berperan aktif dalam kegiatan pembangunan kesehatan.
Drs. Bambang Joni Yulianto, pengurus Cabang PWRI Kota Mojokerto sebagai salah satu panitia kegiatan sosialisasi menyampaikan   tema Sosialisasi  yang diusung  “ Kiat Sehat di Usia Lansia “. Terkait dengan hal tersebut kegiatan – kegiatan yang akan dilakukan oleh PWRI setiap hari Jum’at  mulai jam 06.00 pagi sampai dengan jam 07.00 bertempat gelora A. Yani mengadakan kegiatan senam. Dan rencana kegiatan yang akan dilaksanakan pada Hari Ulang Tahun PWRI Tahun 2017 meliputi kegiatan jalan sehat dan cek kesehatan.
Ditambahkan Joni  Maksud dan tujuan kegiatan sosialisasi ini yang diikuti oleh 120 orang anggota PWRI adalah untuk meningkatkan kesehatan anggota PWRI agar sehat di usia lanjut dan untuk membina wredatama agar mampu mendorong pemerintah memenuhi kewajibannya untuk memberikan jaminan kesejahteraan yang layak bagi kehidupan wredatama sebagai pengakuan dan penghargaan atas pengadiannya kepada bangsa dan negara. Apabila lansia sehat dengan melalui kegiatan ini semoga anggota PWRI sehat dapat berkarya sepanjang masa, bermanfaat sepanjang hayat.
Keberadaan PWRI diharapkan senantiasa berperan aktif membantu pemerintah   melalayani kegiatan  nyata yang menyentuh kepentingan mesyarakat  banyak   peran aktif PWRI  yang secara tulus dan iklas bersama dengan pemerintah untuk meningkatkan  kesejahteraan masyarakat, peserta diberikan materi oleh Khohari dari BPJS “ Mari Sehatkan diri untuk Indonesia yang lebih sehat “ dan dari RSUD Dr. Alvin dan Herlina M. Wulandari tentang “ Gizi lansia dan Penyakit pada lansia “. Seluruh peserta yang hadir pada acara ini terlihat antusias, hal itu terlihat  dari banyaknya pertanyaan, dan tanggapan yang disampaikan oleh peserta. (Orz).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar