Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Mojokerto Sekertariat Jl. Gajahmada No. 100 Kota Mojokerto

Selasa, 02 Mei 2017

Lestarikan Adat, Warga Duyung Trawas Gelar Pesta Buah


Desa Duyung, Trawas, Mojokerto dikenal sebagai desa penghasil buah, diantaranya Durian, Salak dan Alpukat
Sabtu siang tadi (29/04), Ratusan warga menggelar sedekah bumi dengan pesta buah dan dan pesta rakyat, sabtu (29/04). Acara ini untuk melestarikan adat budaya desa.
Juriyanto Bambang Kuswantoro Kepala Desa Duyung mengatakan acara ruwah desa ini digelar Setiap tiga tahun sekali, untuk melestarikan budaya desa."Tahun ini memang dibikin acara yang cukup meriah, ada Pesta rakyat, Kirap dan banyak lagi, yang hadir juga banyak dari luar desa, dan wisatawan luar kota." Ujarnya.
Kata Juriyanto, ruwah desa ini bentuk rasa syukur masyarakat, khususnya para petani, karena desa duyung kaya dengan hasil bumi termasuk buah. " Rasa syukur itu digambarkan oleh masyarakat dengan menampilkan boneka raksasa yang di beri hiasan hasil bumi, juga berbagai buah hasil tanam warga duyung." Terang Juriyanto.
Desa Duyung berada di kawasan wisata Trawas, Mojokerto. mayoritas penduduknya sebagai petani, ada beberapa tempat wisata di desa itu, seperti Duyung Trawas Hill.

Di desa Duyung ada lahan 215 ha milik perhutani yang dikembangkan untuk pembibitan tiga jenis buah, durian, alpukat dan salak. Bahkan durian hasil petani asal dusun Bantal, desa Duyung, Trawas sering diburu para pecinta durian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar