Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Kota Mojokerto Sekertariat Jl. Gajahmada No. 100 Kota Mojokerto

Senin, 04 September 2017

HARI KEDUA WKSBM PRAKTEK INTERNET

Memasuki hari kedua Pelatihan Internet bagi Anggota Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat (WKSBM) Kelurahan se Kota Mojokerton  yang digelar oleh Dinas Sosial Kota Mojokerto bekerja sama dengan Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Mojokerto dan Kelurahan di Kota Mojokerto ini hari Rabu, (23/8/2017) bertempat di Gedung Telecenter Palapa yang berlokasi Radio Gema, Jalan Bahyangkara, anggota WKSBM praktek tentang internet. Hal tersebut diungkapkan oleh Umi Khusnul Khotimah, S.Kom, M.Si. Kasi Aplikasi dan Layanan Pengadaan secara elektronik selaku Instruktur pada pelatihan tersebut.
Acim Dartacim, S.Sos, MT, Kepala Bidang Pemberdayaan Sosial mengatakan tujuan memberikan praktek internet bagi anggota WKSBM adalah untuk menambah wawasan dan pemahaman peserta terhadap kemajuan teknologi informasi khususnya dibidang media maya ini. Sehingga bisa mengakses berbagai situs-situs pada media tersebut khususnya mengakses situs resmi Pemerintah Kota Mojokerto yang memuat dari 37 Organisasi Perangkat Daerah. Idealnya para anggota Anggota Wahana Kesejahteraan Sosial Berbasis Masyarakat harus bisa membuka internet termasuk memanfaatkan e-mail (surat elektronik, sehingga efektivitas dan efisien dapat dicapai dan bisa diwujudkan.

Umi Khusnul Khotimah, S.Kom, M.Si. menyampaikan materi tentang dasar-dasar sistem jaringan internet dan cara membuka email. Dijelaskan oleh Umi bahwa untuk memahami dasar-dasar jaringan internet. Internet merupakan jaringan rangkaian komputer dengan rangkai komputer di seluruh dunia. Internet berguna untuk kita berkomunkasi dan bertukar informasi, file, data, suara, gambar dan sebagainya antara individu dan manusia di seluruh dunia. Internet adalah sebuah sistem komunikasi global yang menghubungkan komputer-komputer yang dibangun berdasarkan teknologi internet yang didalamnya terdapat basis arsitektur berupa aplikasi Web dan teknologi komunikasi data.
Manfaatnya secara umum jaringan mempunyai beberapa manfaat yang lebih dibandingkan dengan komputer yang berdiri sendiri, diantaranya biaya atau sumber daya lebih efisien misalnya dengan satu sprinter dapat digunakan untuk banyak pengguna. Diterangkan pula cara membuka email adalah hal yang mudah bagi sebagian orang yang sudah tahu. Cara membuka email menggunakan layanan email Yahoo. Langkahnya sebagai berikut pertama menuju ke halaman awal Yahoo. Dan pastikan telah melakukan sign –in akun, Menuju kesebelah kiri halaman tersebut, pilih dan klik mail. Kedua, pada halaman email masuk periksa dan pilih email yang akan dibuka, setelah terbuka, maka hanya pesan teks saja yang tampak, Untuk melihat isi file kita perlu mendownlodnya terlebih dahulu. Ketiga. Buka opsi download untuk menentukan di mana file tersebut nantinya akan ditempatkan. Di contoh ini akan disimpan dalam komputer. Keempat, setelah file berhasil di download, open folder tersebut untuk melihat isinya.  

Syamsul Huda, SE, Manajer Telecenter Palapa menjelaskan materi cara membuat blog yaitu pertama buka situs blogger.com. Kemudian klik Create Your Blog untuk membuat blog baru. Kedua, masukkan alamat gmail anda. Jika anda belum punya akan gmail, silahkan baca artikel mengenai cara membuat email di gmail. Setelah itu pilih berikutnya. Kemudian masukkan password akun gmail anda dengan benar, lalu pilih berikutnya, memilih profil mana yang akan anda gunakan. Anda bisa menggunakan profil google, profil ini akan terisi secara otomatis. Jika ada yang perlu dirubah misalnya nama, jenis kelamin anda bisa mengeditnya. Silahkan pilih create profil, pada tahap ini anda bisa menambahkan foto profil. Untuk membuat blog baru pilih tombol buat blog baru. (Orz).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar